Laman

Dengarkan Glest Radio 774 AM - Tangerang ...::...Pengguna situ Cipondoh kurang memperdulikan lingkungan...::...Anda Sedang Mendengarkan Glest Radio Streaming, yang dipancarluaskan dari Graha Glest - Tangerang - Banten....::...Masukan Profil Band atau Lagu Kamu di Promo Musik Glest Silahkan Posting Di Sini....::...

Nyamlengnya Bebek Goreng H Slamet Kartosuro



Warung Bebek Goreng H.Slamet
Sedahromo Lor RT 01 RW 07, Kartasuro, Sukoharjo
telpon 
0271 723439
Sabtu 26 Desember 2009, saya sekeluarga berkesempatan makan siang di Bebek Goreng H Slamet Kartosuro. Sebelumnya saya pernah menikmati bebek goreng H Slamet Cabang Jln Gejayan Jogja, dan ketika ke Solo kami ingin menikmati bebek goreng H Slamet di pusatnya. Kami tiba di Solo Balapan jam 10.15, kebetulan Bima teman kantorku sedang berlibur di Gembongan Kartosuro, sehingga dari stasiun Balapan kami memutuskan naik taxi ke rumah Bima sekalian mengajak dia makan siang di H Slamet.

Setelah beristirahat sebentar dan berbincang-bincang dengan Ibu Bima, kami berempat berangkat  ke warung H Slamet dari Gembongan menggunakan mobil Bima. Ternyata rumah H Slamet tidak jauh dari rumah Bima. Konon dulu H Slamet malah menjadi pelanggan gas di toko Bima.
H Slamet dan Hj Baryatin
Warung bebek goreng Pak Slamet terletak di Sedahromo Lor RT 01 RW 07 Kartosuro. Pak Slamet mulai berjualan bebek goreng pada tahun 1986 di pinggir jalan Solo-Jogja, dan sejak tahun 1992 pindah ke dalam kampung Sedahromo Lor karena terkena pelebaran jalan.
Saat ini warung H Slamet memiliki 17 karyawan yang bekerja di bagian dapur [12 orang] dan pelayanan [5 orang]. Bu Baryatin, istri H Slamet menjadi komandan di bagian dapur dan H Slamet sendiri menjadi pengawas di bagian pelayanan.
Kami sampai di warung H Slamet sekitar jam 11.15, agak terlalu cepat untuk makan siang, namun suasana warung sudah sangat ramai, penuh dengan pengunjung yang menikmati makan siang. Beruntung kami masih memperoleh satu meja kosong dengan tempat duduk lesehan di atas tikar. Kami pun kemudian memesan menu makan siang. Saya dan Bima memesan dada bebek goreng, Ibunya Afa memesan paha bebek goreng da  Afa memesan kepala bebek goreng. Sedangkan untuk minuman kami memesan teh manis dan jeruk  panas.
Pesanan kami datang tidak lama kemudian. Bebek goreng disajikan dalam satu piring, lalapan dalam piring yang lain dan samabal koreknya disajikan dalam cobek tanah liat.
Bebek goreng adalah menu andalan di rumah makan ini. Bebek goreng  menggunakan bahan bebek  apkiran yaitu bebek yang sudah bertelur 4 kali selama kurang lebih 2 tahun. Penggunaan bebek apkiran ini karena dagingnya tidak mudah hancur seperti kalau menggunakan bebek muda. Bebek goreng ini direbus dulu bersama dengan bumbu sebelum digoreng, sehingga bumbunya meresap dan empuk.
Sambal Korek
Sambel korek adalah adalah sambal yang terbuat dari cabai rawit, bawang dan garam yang diulek kasar kemudian disiram jelantah bebek panas. Sambal korek ini menjadi salah satu menu andalan H Slamet dan menjadi trade mark dari bebek goreng H Slamet.
Menu makan siang saya kali berupa nasi, bebek goreng [dada] sambal korek dan lalapan kemangi.
Makan Siangku
Kami pun kemudian menikmati makanan kami masing-masing.
Bima Menikmati Makan Siang
Afa dan Ibunya Makan Siang
Menikmati sepiring nasi hangat, ditemani bebek goreng, sambal korek dan lalapan terasasangat nikmat. Bebek gorengnya ukurannya besar, dagingnya empuk, bumbunya terasa meresap sampai kedlama, rasanya gurih adan sentuhan rasa manis dan aroma daun salam. Sedangkan sambal koreknya tidak terlalu pedas, penggunaan jelantah bebek memberikan rasa gurih lemak dan bumbu bebek goreng. Menurut saya, dibandingkan dengan di cabangnya bebek goreng di sini lebih lezat bin nyamleng.
Setelah selesai makan, saya membayar makan siang kami. Untuk makan berempat plus minum, saya hanya perlu membayar Rp. 60.000,00. Harga yang menurut saya tidak mahal untuk bisa menikmati bebek goreng H Slamet di tempat asalnya. Afa dan Ibunya sempat berfoto di depan warung bebek goreng H Slamet.
Kenyamlengan bebek goreng H Slamet sudah diakui dan menyebar ke berbagai kota, terbukti sampai saat ini ada 34 cabang di luar kota Solo. Cabang-cabang tersebut tidak menggunakan system franchise tetapi menggunakan system menunjang kerjasama. Dengan system ini, H Slamet memmbimbing mitranya selama tiga bulan dan dapat diperpanjang apapabila belum mampu mandiri. Sedangkan persyaratan detil dari kerjasama merupakan rahasia Pak Slamet dan mitranya. [kom09]
Daftar Harga:
1. Paha: Rp. 11.500,00
2. Dada: Rp. 12.000,00
Sumber : Kuliner Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar